UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2010/2011
Matakuliah : EKONOMI PUBLIK
Dosen : Ani Pinayani, Drs, M.M.

SOAL :

1. Peranan atau campur tangan pemerintah dalam suatu perekonomian sering didasarkan pada argumentasi Kegagalan Mekanisme Pasar. Tetapi dengan semakin besarnya peranan pemerintah (Birokrasi) menyebabkan terjadinya inefisiensi produksi dan hight cost economy. Jelaskan faktor-faktor apa yang menyebabkan kegagalan mekanisme pasar dan kegagalan birokrasi ? Untuk perekonomian Indonesia, sebaiknya menggunakan sistem yang mana, apakah neo liberal atau sistem ekonomi kerakyatan ? Berikan argumentasinya !

2. Salah satu alasan mengapa pemerintah memberikan subsidi dalam bentuk uang (Bantuan Langsung Tunai) adalah karena secara teori biaya subsidi dalam bentuk uang lebih kecil dibandingkan biaya subsidi dalam bentuk penurunan harga. Benarkah biaya subsidi dalam bentuk penurunan harga lebih besar daripada biaya subsidi dalam bentuk uang ? mengapa, buktikan (gunakan asumsi Hicks dan Slutsky)

3. Salah satu alternatif untuk membiayai defisit anggaran (APBN) adalah dengan pinjaman/utang luar negeri. Coba sdr jelaskan rasional dari utang luar negeri ? lakukan analisis bagaimana pengaruh utang luar negeri terhadap perekonomian khususnya tingkat bunga, investasi, konsumsi, employment dan pendapatan nasional ?

4. Hasil jajak pendapat (Kompas, 29 Maret 2007) yang dilakukan di empat kota di Jawa Barat menyimpulkan bahwa pelayan publik yang dilakukan oleh aparat pemda dalam pengurusan surat-surat penting dinilai baik. Hal ini tercermin dari cepatnya proses pengurusan dan biaya yang wajar untuk pengurusan dokumen. Namun biaya pengurusan dokumen penting itu dinilai publik belum transfaran. Cepat atau lambatkah pelayanan petugas dalam menyelesaikan dokumen penting yang anda butuhkan ?
Jenis Dokumen Persentase
Cepat Lambat Tidak Tahu
KTP 62,9 32,2 4,9
Kartu Keluarga 58,5 32,6 8,9
SIM 60,3 24,6 15,1
STNK 55,9 26,3 17,8
Sertifikat Tanah 26,8 34,5 38,7
Sumber : Litbang Kompas
Apakah hasil jajak pendapat ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah daerah yang menempatkan pelayanan publik sebagai salah satu indikator efektif dan efisiennya kinerja pemerintah daerah, bagaimana tanggapan/komentar dan saran saudara terhadap pemda berdasarkan hasil jajak pendapat tersebut ?

5. Sebuah aliansi dari berbagai organisasi nonpemerintah (ornop/LSM) kesehatan, mendesak panitia pelaksana Piala Dunia 2006 untuk memberlakukan larangan merokok di 12 stadion yang digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola dunia. Tembakau dan olah raga adalah dua hal yang tidak bisa dicampuradukan. Bayangkan, pencitraan terhadap aktivitas merokok akan diekspor ke miliaran rumah melalui tayangan televisi yang tak terbilang jumlahnya di seluruh dunia. Larangan merokok diberlakukan secara resmi di stadion-stadion dalam Piala Dunia 2002 Korsel/Jepang dan hal serupa akan diberlakukan di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Apakah sdr setuju dengan larangan merokok tersebut, mengapa ? Sdr. juga diminta untuk menjelaskan benefit externality dan cost externality dari larangan merokok di tempat umum dan industri rokoknya itu sendiri ?

6. Pemerintah Indonesia memangkas dana belanja barang 15 departemen gemuk sebesar Rp 37,1 triliun dari alokasi Rp 83,9 triliun menjadi Rp 46,8 triliun. Konsentrasi penggunaan anggaran pemerintah tahun 2008 difokuskan untuk belanja modal menjadi Rp 122,4 triliun dan bantuan sosial Rp 46,3 triliun. (Kompas, 24 Juli 2007, halaman 19)

PENGGUNAAN ANGGARAN 15 DEPARTEMEN
Tahun Penggunaan Anggaran Besarnya
2006 Belanja barang Rp 45,9 triliun
Belanja Modal Rp 58,7 triuliun
Bantuan sosial Rp 40,7 triliun
2007 Belanja barang Rp 71,5 triliun
Belanja Modal Rp 73,1 triuliun
Bantuan sosial Rp 49,4 triliun
2008 Belanja barang Rp 46,8 triliun (83,9)
Belanja Modal Rp 122,4 triuliun (85,3)
Bantuan sosial Rp 46,3 triliun
Sumber : Bappenas (angka dalam kurung merupakan nilai anggaran sebelumnya)

Coba saudara buat analisis ekonomi dengan pendekatan makro ekonomi dan ekonomi publik pengaruh pemangkasan anggaran belanja barang tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi, pengangguran dan kemiskinan ? berikan argumentasinya !

JAWABAN DITULIS TANGAN DALAM KERTAS HVS UKURAN A4. DIKUMPULKAN PALING LAMBAT JUMAT 1 APRIL 2011 JAM 10.00 DI KANTOR PRODI EKOP. BUAT DAFTAR HADIR/BUKTI PENGUMPULAN UTS

“Selamat Bekerja, Semoga Sukses”