TUGAS KE 4 (SEMESTER PADAT 2009)
PENGANTAR EKONOMI MAKRO
(Kumpulkan hari KAMIS, 20 Agustus 2009)

1.Semua kegiatan perekonomian apakah itu produksi, investasi dan konsumsi selalu melibatkan uang. Saat ini arti uang lebih dari sekedar alat transaksi perdagangan karena ia telah jadi komoditas di pasar uang. Bagaimana hubungan antara uang dengan suku bunga, uang dengan kegiatan ekonomi sektor riil dan uang dengan harga ?

2.Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 dan mencapai puncaknya pada tahun 1998, sampai saat ini masih belum pulih dan pada tahun 2007 terjadi krisis global sebagai akibat adanya kriisis keuangan di Amerika Serikat
a.Jelaskan lingkaran permasalahan krisis perekonomian Indonesia dengan menggunakan pendekatan AD(Aggregate Demand) dan AS (Aggregate Supply) ?
b.Bagaimana saran saudara untuk mengatasi krisis ekonomi tersebut, apabila saudara diminta pendapat oleh Bapak Presiden ?

3.Pelaku-pelaku ekonomi yang terlibat dalam aktivitas ekonomi makro terdiri dari Rumah Tangga, Perusahaan, Pemerintah dan Sektor Luar Negeri. Sedangkan pasar sebagai tempat berlangsungnya aktivitas ekonomi makro terdiri dari Pasar Barang, Pasar Uang dan Pasar Tenaga Kerja. Jelaskan dan gambarkan interaksi antar pelaku ekonomi makro dalam tiga pasar tersebut ?

4.Dari laporan penelitian terhadap suatu negara diketahui fungsi Konsumsi : C = 0,75 Yd + 30 Milyar,
Pengeluaran konsumsi pemerintah = 100 Milyar, dan transfer payment sebesar 75% dari pengeluaran konsumsinya. Investasi perusahaan = 200 Milyar. Pajak Progresif Tx = 0,2Y – 40 Milyar. Sebagai komponen pendapatan nasional lainnya adalah eksport = 700 Milyar, Import : M = 0,25 Y + 50 milyar.
a.Hitunglah berapa besarnya Y, Tx, C, M dan S keseimbangan ?
b.Bagaimana posisi APBN dan Neraca Perdagangan negara tersebut ?
c.Jika terjadi kenaikan investasi bersama-sama dengan ekspor sebesar 75 milyar , berapa kenaikan pendapatan nasional dan kenaikan impor yang terjadi serta bagaimana pengaruh masing-masing terhadap posisi neraca perdagangan yang baru ?
d.Hitung juga pengaruh I dan X secara bersama-sama terhadapa pendapatan nasional, impor dan terhadap neraca perdagangan ?l
e.Meskipun investasi dan ekspor mempunyai angka pengganda yang sama ternyata pengaruhnya terhadap neraca perdagangan berbeda, jelaskan ?